Melihat Potensi Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek


Melihat  Kenagarian Kampung  Baru Korong Nan Ampek Yang Kaya Potensi 

Kenagarian Kampung Baru Korong Nan Ampek Kecamatan Koto XI Tarusan adalah nagari hasil pemekaran Kenagarian Taratak Sei Lundang pada tahun 2011 lalu dengan jumlah penduduknya hanya 220 jiwa atau hanya 60 Kepala Keluarga yang mendiami kenagarian ini. 

Dengan berlatarbelakang perbukitan dan aliran sungai Batang Tarusan yang sangat cocok untuk dikembangkan menjadi wisata arung jeram,Kenagarian Kampung Baru Korong Nan Ampek Tarusan juga memiliki potensi yang besar dalam bidang pertanian dan perkebunan yang cukup besar.lebih dari setengah lahan perkebunan milik warga ditanami tanaman karet, gambir.

Walinagari Kampung Baru Korong Nan Ampek Nazarudin Rabu(25/9) mengungkapkan Kenagarian ini memiliki potensi sungai yang bisa dikembangkan menjadi pengembangan pariwisata terutama dalam bidang arung  jeram. Dengan kondisi aliran sungai yang banyak bebatuan sangat cocok untuk olahraga arung jeram.

Aliran sungai yang mengalir disepanjang kenagarian ini setiap tahunnya dijadikan arena olahraga arung jeram oleh beberapa komonitas arung jeram yang beraal dari Provinsi sumbar hingga daerah luar,karena mereka menilai kalau kondisi yang dimiliki sungai daerah ini sangat cocok dan cukup menantang,' ujarnya 

Namun  selama ini semua itu belum dikelola dengan baik, sehingga tidak membawa dampak langsung bagi masyarakat kenagarian ini. Padahal jika pihak kenagarian bersama dengan pihak terkait sudah mengelola kawasan ini menjadi salah satu kawasan wisata tentu akan membawa dampak bagi peningkatan eknomi dan memberikan pemasukan bagi nagari tentunya . 

Menurutnya pengembangan kedepannya pihaknya akan melakukan pengembanga kawasan ini menjadi kawasan wisata baru . Apalagi Kecamatan Koto XI Tarusan telah menjadi kecamatan wisata maka semua kenagarian yang berada didalam kecamatan ini akan dikembangkan menjadi kawasan wisata juga dan tidak tertutup kemungkinan dengan kenagarian Kampung Baru Korong Nan Ampek.

"Kita akan membicarakan terkait pengembangan kawasan ini dengan Bamus nagari, apa langkah dan cara yang akan dilakukan oleh pihak nagari dalam pengembangan kawasan ini ,''ujarnya lagi. 


Comments



Kirim Komentar